Desain Gaya Mengajar Konstruktif Melalui Kontemplasi Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme

Feri Fajar Ento

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to describe the design of teaching style through contemplation of Reconstructionism educational philosophy. Subjects of this study are homebase lecturers and undergraduate students of Christian Religion Education Study Program at Intheos Theological Seminary Surakarta. Data source of this study are obtained from: (1) Exhaustive interviews with lecturers and students. (2) Observations through open questionnaire and lecturing process. (3) Collecting documents consists of lecturer’s lesson plan, teaching materials, and study evaluation; list of lecturer’s scientific products; questionnaire of lecturer’s competency evaluation; lectures schedule; also interview and observation process documentations. The results of this study shows the characteristics of teaching styles in Reconstructionism oriented are: (1) The dominant Reconstructionism is supported by permissive psychological teaching style on the freedom of students express ideas and develop potentials based on empirical perspectives to produce universal products. (2) The dominant Reconstructionism is supported by curriculum teaching style through varied, high order of thinking skill, and progreesive learning method; also social interaction in the classroom which is characterized by student center, problem solving and meaningful learning.


Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi filsafat pendidikan Rekonstruksionisme dalam membentuk gaya mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen homebase dan mahasiswa Stratum Satu Program Studi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Intheos Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah: (1) Wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiwa. (2) Observasi melalui angket terbuka dan pengamatan proses perkuliahan. (3) Pengumpulan dokumen yang terdiri dari perangkat pembelajaran, pengembangan bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran dosen; daftar karya ilmiah dosen; angket evaluasi kompetensi dosen; jadwal perkuliahan; serta dokumentasi proses wawancara dan observasi penelitian. Hasil penelitian ini memperlihatkan karakteristik gaya mengajar berorientasi Rekonstruksionisme adalah: (1) Dominan didukung gaya mengajar psikologis permisif pada kebebasan peserta didik mengungkapkan ide dan mengembangkan potensi berdasarkan perspektif empiris untuk menghasilkan produk yang universal. (2) Dominan didukung gaya mengajar kurikuler melalui metode pembelajaran yang bersifat variatif, berfikir kritis, dan progresif; serta interaksi sosial dalam kelas yang bercirikan student center, problem solving dan meaningful learning.


Keywords


Educational philosophy; reconstructionism; teaching style; Filsafat pendidikan; rekonstruksionisme; gaya mengajar

Full Text:

PDF

References


Andrianti, Sarah. “Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Teologi.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (April 29, 2019): 135–154.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo, 2011.

Farisi, Mohammad Imam. “Kurikulum Rekonstruksionis Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial: Analisis Dokumen Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Kependidikan Khasanah Pendidikan 16, no. 2 (2013): 147, 161.

Kasan, Tholib. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press, 2009.

Munfadilah, Siti. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Intensitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Jetis 02 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun 2010.” Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, 2010.

Ningsih, Nur Wigati. “Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru Dengan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Matematika Di SMK PGRI 1 Surakarta.” Jurnal Talenta Psikologi 4, no. 1 (2015): 74.

Ridwanudin, Dindin. “Filsafat Pendidikan Sebagai Basis Penguatan Profesionalisme Guru.” Jurnal Qathrunâ 2, no. 1 (2015): 73.

Saifullah, Ali. Antara Filsafat Dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.


Article Metrics

Abstract view : 2258 times
PDF - 2320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Antusias




View My Stats

Jurnal Antusias telah terdaftar di situs:


Copyright © Jurnal Antusias 2016. All Rights Reserved.

p-ISSN : 2087-7927.