Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Nilai Moderasi Beragama
Abstract
Abstract. This study aims to explain the role of Islamic Religious Education teachers and Christian Religious Education teachers in instilling the values of religious moderation. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The study was conducted on Christian Religious Education teacher, Islamic Religious Education teacher, and grade IX students of Junior High School 2 Pencangaan Jepara. The result of this study indicate that Islamic Religious Education teacher and Christian Religious Education teacher in instilling the values of religious moderation to students are carried out immersively into the Learning Process Plan (RPP) and Religious Education teaching materials. In this way, the values of religious teachings are connected to the values of religious moderation, so that students can have moderate faith according to their respective religious beliefs.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Kristen, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa-siswi kelas IX SMP 2 Pencangaan Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai moderasi beragama kepada siswa dilakukan secara imersif ke dalam Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar Pendidikan Agama. Dengan cara demikian, nilai-nilai ajaran agama terhubung dengan nilai-nilai moderasi beragama, sehingga siswa dapat beriman secara moderat sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AR, Samsul. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3, no. 1 (March 27, 2020): 37–51. https://doi.org/10.36835/AL-IRFAN.V3I1.3715.
Arikarani, Yesi, Zainal Azman, Siti Aisyah, Fadillah Putri Ansyah, and Tri Dinigrat Zakia Kirti. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama.” Edification Journal : Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (July 31, 2024): 71–88. https://doi.org/10.37092/EJ.V7I1.840.
Darmawan, I Putu Ayub, Elsi Susanti Br Simamora, and Yuli Purnamawati. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Konteks Kurikulum Merdeka.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 1, no. 1 (June 29, 2023): 31–38. https://doi.org/10.46445/NCCET.V1I1.697.
Haris, Abdul. “Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama Di SMA 5 Kota Tasikmalaya.” Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022): 19–25.
Joseph, Lourine Sience, and Josefien Waas. “Enkulturasi Nilai Dan Ajaran Agama Melalui Pendidikan Agama Kristen: Upaya Membangun Kehidupan Bersama Yang Harmonis.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 9, no. 1 (October 29, 2024): 529–37. https://doi.org/10.30648/DUN.V9I1.1473.
Laoli, Meniria, Leo Swastani Zai, Elieser R Marampa, and Indraldo Undras. “Moderasi Beragama: Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Mencegah Sikap Intoleran Pada Remaja.” Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral 4, no. 1 (June 29, 2023): 99–111. https://doi.org/10.46408/VXD.V4I1.232.
Lubis, Menti Riani. “Penguatan Identitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural Tinjauan Lanjutan Dari Galatia 5:22-23: Menurut Prespektif Sosiologi.” JURNAL KADESI 6, no. 2 (June 27, 2024): 80–98. https://doi.org/10.54765/EJURNALKADESI.V6I2.91.
Mahamid, Mochammad Nginwanun Likullil. “Moderasi Beragama: Pandangan Lukman Hakim Saifuddin Terhadap Kehidupan Beragama Di Indonesia.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 23, no. 1 (July 10, 2023): 19–31. https://doi.org/10.32939/ISLAMIKA.V23I1.2375.
Melkisedek, Melkisedek, Marni Marni, Semuel Linggi Topayung, and Melisusanti Beli. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Toleransi Di Masyarakat Majemuk.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 2, no. 4 (October 11, 2024): 296–311. https://doi.org/10.55606/SINARKASIH.V2I4.423.
Mukmin, Amirul. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset 2, no. 3 (May 1, 2024): 307–14. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/946.
Nugroho, Agus. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Membangun Toleransi Pada Nara Didik Kristen.” SAINT PAUL’S REVIEW 3, no. 2 (December 1, 2023): 93–113. https://doi.org/10.56194/SPR.V3I2.47.
Peter, R., and M. S. Simatupang. “Keberagaman Bahasa Dan Budaya Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia.” Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya 9, no. 1 (2022): 95–105.
Saefudin, Ahmad, Ahmad Ali Munir, Silvia Putri Novitasari, Aulia Rahmah, and Khoirotul Ummah. “Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Ke Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI SMP Kelas IX.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 21, no. 3 (December 26, 2023): 262–74. https://doi.org/10.32729/EDUKASI.V21I3.1434.
Subiantoro, Subiantoro. “Moderasi Beragama: Peran Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Di Era Digital.” NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (November 16, 2023): 878–84. https://doi.org/10.55681/NUSRA.V4I4.1704.
Sunardi, Sunardi, and Jamiludin Jamiludin. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran.” Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (September 26, 2024): 215–27. https://doi.org/10.62448/AJPI.V1I2.102.
Tahalele, Novi Kristiani, Seli Antonia Tagu Sunga, Bazahati Laia, Yoel Triyanto, and Wahyu A. Rini. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Di Sekolah Tinggi Teologi.” Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral 5, no. 1 (June 29, 2024): 87–96. https://doi.org/10.46408/VXD.V5I1.486.
Tanjung, Nur Fadillah, Muhammad Dirar Nasution, Ilham Soleh Silitonga, and Citra Ananda Putri. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Sekolah.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 3 (June 18, 2024): 3144–53. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V5I3.1249.
Wardah, Fathiyah. “Setara Institute: Jumlah Pelajar Yang Intoleran Aktif Meningkat, 83% Nilai Pancasila Bisa Diganti.” VoA Indonesia, 2023. https://www.voaindonesia.com/a/setara-institute-jumlah-pelajar-yang-intoleran-aktif-meningkat-56-setuju-syariat-islam/7097499.html.
Zafi, Ashif Az, Partono Partono, and Tasallia Nima Kamil. “A Learning Model of Religious Moderation: Learning from Islamic Schools.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 21, no. 2 (November 30, 2023): 197–208. https://doi.org/10.21154/CENDEKIA.V21I2.7178.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v9i2.1578
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.