Membangun Budaya Kampus Anti Perundungan Berbasis Pendidikan Agama Kristen Model Makan Patita
Abstract
Abstract. Bullying in educational environments shows an increasingly high graph. Several studies have tried to map the reality of bullying in different contexts while tracing the triggering factors to be handled with various approaches. This article aimed to propose the Patita model of Christian Religious Education as a strategy to overcome the problem of bullying in higher education. This study addressed student groups at State and Private Universities in Ambon. The results of the study indicated that conventional approaches to the problem of bullying are not significant enough to restore traumatic memories experienced by victims and perpetrators of bullying. The Patita model offers a more humanistic and egalitarian approach so that the conversation space is more open and dialogical to discuss memories of bullying.
Abstrak. Perundungan di lingkungan pendidikan memperlihatkan grafik yang semakin tinggi. Sejumlah penelitian mencoba memetakan realitas perundungan pada konteks yang berbeda-beda sekaligus melacak faktor-faktor pemicunya untuk ditangani dengan berbagai pendekatan. Artikel ini bertujuan mengusulkan Pendidikan Agama Kristen model patita sebagai strategi dalam mengatasi masalah perundungan di perguruan tinggi. Penelitian ini menyasar kelompok-kelompok mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konvensional terhadap masalah perundungan tidak cukup signifikan untuk memulihkan ingatan traumatik yang dialami oleh korban dan pelaku perundungan. Model patita menawarkan pendekatan yang lebih humanis dan egaliter sehingga ruang percakapan lebih terbuka dan dialogis untuk membincangkan memori tentang perundungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan Dalam Pendidikan Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Asnawi, Mualiyah Hi. “Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa.” Jurnal Sinestesia 9, no. 1 (April 29, 2019): 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46.
Darman, Regina Ade. “Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika 3, no. 2 (October 9, 2017): 73–87. https://doi.org/10.22202/EI.2017.V3I2.1320.
Groome, Thomas. Christian Religious Education: Sharing Our Story and Vision. San Francisco: Harper & Row, 1980.
Harmadi, Mariani. “Metafora ‘Meja Makan’ Sebagai Upaya Membangun Toleransi Di Tengah Kehidupan Masyarakat Indonesia Yang Majemuk.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (October 25, 2019): 99–110. https://doi.org/10.30648/dun.v4i1.193.
Muhammad, Muhammad. “Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan Di Sekolah (Studi Kasus Di SMK Kabupaten Banyumas).” Jurnal Dinamika Hukum 9, no. 3 (September 30, 2009): 268–74. https://doi.org/10.20884/1.JDH.2009.9.3.234.
Priyosahubawa, Suluh, Hendri D. Hahury, Dientje Rumerung, Izaac T. Matitaputty, Hermi Oppier, Maryam Sangadji, Fredy H. Louhenapessy, Jeanee B. Nikijuluw, Sherly Ferdinandus, and Djufri R. Pattilouw. “Sosialisasi Anti Bullying Dan Dampaknya Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Negeri 1 Ambon.” I-Com: Indonesian Community Journal 4, no. 1 (March 6, 2024): 198–207. https://doi.org/10.33379/ICOM.V4I1.3970.
Sejiwa. Bullying: Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo, 2008.
Simbolon, Mangadar. “Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Berasrama.” Jurnal Psikologi 39, no. 2 (2012): 233–43. https://doi.org/10.22146/JPSI.6989.
Soeki, Dembris Kristian. “Tampa Garam: Konsep Pendidikan Kristen Kontekstual Di Maluku.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (October 20, 2021): 106–27. https://doi.org/10.30648/DUN.V6I1.446.
Souisa, Nancy N. “Makan Patita: Nilai Dan Maknanya Dalam Membangun Pendidikan Kristiani Yang Kontekstual.” Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2017.
———. “Pendidikan Kristiani Dalam Konteks Masyarakat Rentan Pasca Konflik.” In Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani, edited by Hans Harmakaputera. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v9i2.1518
Article Metrics
Abstract view : 239 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.