Kajian Teologis Arti Penting Kemandirian Belajar di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi pada Masa Pendemi
Abstract
Abstract. Independent learning needs to be possessed by every student and this is the result of a habituation process in an environment where the willingness and ability to collaborate beautifully. The purpose of this study was to determine the effect of independent learning in the theological high school environment during the pandemic. The author uses the method of description and literature review. This article covers the biblical narrative about education, independent learning, and the importance of independent learning in a theological high school setting. The results of the study indicate that independent learning has an important meaning in relation to self-management, increasing activity, expanding academic insight, and as a means of student self-evaluation.
Abstrak. Kemandirian belajar perlu dimiliki oleh setiap peserta didik dan hal ini merupakan hasil dari proses pembiasaan di sebuah lingkungan dimana kemauan dan kemampuan berkolaborasi secara indah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar di lingkungan sekolah tinggi teologi pada masa pandemi. Penulis menggunakan metode deskrepsi dan kajian literatur. Artikel ini mencakup narasi Alkitab tentang pendidikan, kemandirian belajar, dan arti penting kemandirian belajar di lingkungan sekolah tinggi teologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki arti penting dalam kaitan dengan manajemen diri, meningkatkan keaktifan, meluaskan wawasan akademik, dan sebagai sarana evaluasi diri mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianti, Sarah. “Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Teologi.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (April 29, 2019): 135–154.
Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” JURNAL GOLDEN AGE 4, no. 1 (2020): 152–159. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203.
Damanik, Bahrudi Efendi. “PENGARUH FASILITAS DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI) 2, no. 2 (December 28, 2019): 231–240. Accessed May 8, 2022. http://jurnal.murnisadar.ac.id/ index.php/EKBI/article/view/102.
Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 40–61.
Kusumawardhani, Dwi Ayu, and Burhanuddin Burhanuddin. “ANALISIS KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN EVALUASI HASIL BELAJAR ONLINE.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (March 31, 2020): 90–101. Accessed March 27, 2022. http://journal2.um.ac. id/index.php/jamp/.
Manurung, Kosma. “ALKITAB DAN HUBUNGAN PERTEMANAN KAJIAN TEOLOGI PENTAKOSTA MEMAKNAI HUBUNGAN PERTEMANAN DALAM ALKITAB.” VOX DEI: Jurnal Teologi dan Pastoral 2, no. 1 (June 30, 2021): 31–49. Accessed May 8, 2022. https:// jurnal.sttekumene.ac.id/index.php/VoxDei/article/view/35.
———. “Mencermati Arti Penting Penggunaan Bahasa Cinta Anak Dalam Keluarga Kristen Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2, no. 1 (2021): 53–70. http://stak-pesat.ac.id/ e-journal/index.php/edulead/article/ view/53.
———. “MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI.” FILADELFIA Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 285–300. http://e-journal. sttimanuelpacet.ac.id/index.php/filadelfia/article/view/48.
———. “STRATEGI ORANG TUA KRISTEN DALAM MEMBANGUN DISIPLIN ANAK.” VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN 3, no. 1 (May 13, 2021): 22–39. Accessed May 8, 2022. http://jurnal.sttstarslub.ac.id/ index.php/js/article/view/177.
———. “Telaah Memaknai Penyertaan Allah Dalam Bingkai Teologi Pentakosta.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 54–69. https://e-journal.anugrah.ac.id/index. php/JCH/article/view/9.
Mawikere, Marde Christian Stenly. “Efektivitas, Efisiensi Dan Kesehatan Hubungan Organisasi Pelayanan Dalam Kepemimpinan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 2, no. 1 (February 23, 2018): 50–67. Accessed May 8, 2022.
Nainggolan, Bartolomeus Diaz. “ANALISIS AJARAN KITAB DANIEL PASAL 4 PENGAKUAN RAJA NEBUKADNEZAR TENTANG KUASA ALLAH DANIEL.” JURNAL KOINONIA 11, no. 2 (2019): 11–21. https://jurnal.unai. edu/index.php/koinonia/article/view/2350/1708.
Niken Vioreza. “PENGARUH PENDEKATAN PENILAIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA.” Visipena Journal 8, no. 1 (June 30, 2017): 1–16. Accessed May 8, 2022. https://ejournal.bbg.ac. id/visipena/article/view/373.
Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (May 29, 2020): 86–97. Accessed March 8, 2022. http://dx.doi.org/10.33991/ epigraphe.v4i1.151.
Rumiyati, Umi, Kasiatin Widianto, DR Juanda, Lilis Setyarini, and Daniel Ari Wibowo. “Pengaruh Kepemimpinan Hamba Tuhan Dalam Pertumbuhan Kerohanian Jemaat Gereja GPdI ‘Zion’ Krebet, Tembalang, Wlingi - Blitar.” Journal Kerusso 3, no. 2 (September 11, 2018): 9–19.
Sahartian, Santy. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 146–172.
Setiawan, David Eko, and Dwiati Yulianingsih. “Signifikansi Salib Bagi Kehidupan Manusia Dalam Teologi Paulus.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (December 10, 2019): 227–246. Accessed February 25, 2022. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.
Soesilo, Yushak. “KELUARGA ELI DALAM 1 SAMUEL 2:11-36: SUATU EVALUASI PENDIDIKAN KRISTEN DALAM KELUARGA HAMBA TUHAN.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 3, no. 5 (2014): 136–146. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/17.
Surifah, Jamilatus, Laily Rosidah, and Fahmi Fahmi. “PENGARUH METODE PEMBIASAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Ex-Post Facto Di KB-TKIT Raudhatul Jannah Cilegon Banten).” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (November 14, 2018): 113. Accessed March 7, 2022. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4699.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (December 10, 2019): 362–387. Accessed May 8, 2022. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.
Zaluchu, Julianus. “Implementasi Mengasihi Allah Sesuai Markus 12:30 Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Bethany Surabaya.” Journal Kerusso 3, no. 2 (September 25, 2018): 30–38. Accessed May 8, 2022. http://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/Kerusso/article/view/99.
Article Metrics
Abstract view : 375 timesPDF - 204 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Antusias
View My Stats
Jurnal Antusias telah terdaftar di situs:
![]() | ![]() |
Copyright © Jurnal Antusias 2016. All Rights Reserved.
p-ISSN : 2087-7927.