Upaya Meningkatkan Sikap Solidaritas dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Grafis “Monas Mama”

Rifai Rifai

Abstract


Abstract. This study aimed to prove the increasing of solidarity and learning outcomes in the class of Christian Religious Education and Good Character through the use of the graphical media “Monas Mama.” The strategy in this research was carried out through 2 moderate cycles to improve the attitude of solidarity and learning outcomes using the graphic media “Monas Mama.” The results obtained from this study that through the use of the graphic media “Monas Mama” there was an increase in student solidarity and student learning outcomes. From the results it could be concluded that the use of graphic media not only could stimulate students’ cognitive, but could also help foster students' character.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan membuktikan adanya peningkatan sikap solidaritas dan hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti melalui penggunaan media grafis “Monas Mama”.  Strategi dalam penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus sedang untuk meningkatkan sikap solidaritas dan hasil belajar menggunakan media grafis “Monas Mama”. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa melalui penggunaan media grafis ”Monas Mama” terjadi peningkatan sikap solidaritas siswa dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media grafis tidak hanya dapat merangsang peningkatan aspek kognitif siswa, namun juga dapat membantu menumbuhkan budi pekerti siswa.


Keywords


solidarity; learning outcome; solidaritas; hasil belajar; Monas Mama

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Guslinda, and Rita Kurnia. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing, 2018.

Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal Dan Laporan Penelitian. Malang: UMM PRESS, 2005.

Moleong, J, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Nafiah, Arifatun. HUBUNGAN PENGUASAAN STANDAR KOMPETENSI MENAMPILKAN PERILAKU YANG SESUAI NILAI- NILAI PANCASILA DENGAN SOLIDARITAS SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010, 2010. Accessed April 24, 2019. https://eprints.uns.ac.id/6574/.

Naim, Ngainun. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2010.

Rey, Kevin Tonny. “Khotbah Pengajaran Versus Khotbah Kontemporer.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (September 1, 2016): 31. Accessed March 8, 2018. http://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/article/view/100.

Riyana, Cepi. Media Pembelajaran. Jakarta: Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012.

Safei, Safei. “PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 10, no. 1 (June 23, 2007): 107–115. Accessed April 24, 2019. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3728.

Sairin, Weinata. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Nafas PP 55 Tahun 2007.” Buletin BSNP. Jakarta, March 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Research & Defelopment. Bandung: Alfabeta, 2013.

Susilana, Rudi, and Cepti Riyana. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan Dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.

Yaumi, Muhammad. Media Dan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2018.

Yopi, Vinsensius, . Sulistyarini, and Nuraini Asriati. “PERAN GURU DALAM MEMBINA SOLIDARITAS SOSIAL SISWA KELAS XI IPS KUALA MANDOR B.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 2 (February 25, 2016). Accessed April 24, 2019. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14003.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Konsep Dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Kharisma Putra Utama, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.196

Article Metrics

Abstract view : 998 times
PDF - 2968 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:

View My Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.